Latest News

Senin, 08 Oktober 2018

Renungan 8 Oktober 2018



Ketika kita membaca kisah Orang Samaria yang baik hati ini, kira kira anda ada pada karakter yang mana? Korban yang malang?

Orang Samaria, orang luar yang dibenci? Imam atau orang Lewi? Atau ahli kitab yang bertanya kepada Yesus? Peran mana yang dapat Anda bayangkan ada pada diri Anda?
Ahli kitab itu bertanya kepada Yesus: "Siapa sesamaku manusia?" Dia menginginkan jawaban yang jelas, yang baik dari Yesus supaya dia tahu yang mana yang adalah sesamaku dan yang mana yang tidak, yang mana orang yang harus dia cintai, dan yang mana yang dapat dia abaikan. 

Jawaban Yesus mengejutkan (bagi sang ahli kitab) - sesamaku manusia tidak dibatasi oleh suku, ras, status, agama, warga negara, gang, kelompok ini itu. Sesamaku manusia adalah ia yang MURAH HATI DAN BERBELAS KASIH. Pada kisah ini siapa yang ada pd kriteria itu? Dalam diri orang Samaria, orang yang dianggap "orang lain" oleh bangsa Israel. Bukan imam atau orang lewi, bukan korban (apalagi yang ngaku ngaku sebagai korban ๐Ÿ˜๐Ÿ˜). 

Maukah kita menjadi sesama bagi yang lain, dengan murah hati dan berbelas kasih? Kata Yesus: "pergilah dan lakukan demikian!" Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visi Paroki

Paroki Santo Lukas Pemalang adalah persekutuan umat Katolik yang beriman mendalam, hidup, mandiri, dan memasyarakat sebagai tanda hadirnya Kerajaan Allah.




Recent Post