Latest News

Jumat, 17 Agustus 2018

Obrolan Politik OMK: Menjadi Pemilih Pemula



Konsientisasi atau penyadaran tentang keterlibatan umat Katolik dalam kehidupan berbangsa-bernegara dikemas dalam pertemuan-pertemuan di lingkungan dan stasi. Hari komunitas basis - Rabu malam - menjadi sarana untuk ngumpul dan membicarakan permenungan-permenungan dari buku yang dibuat oleh Komisi Kerawam KP. Saya pribadi bergabung sebagai peserta dalam dua kali pertemuan di stasi. Ada umat-umat yang secara langsung bercerita tentang “males”nya omong soal politik karena kuatnya sentimen keagamaan. Begitu tau kalau Katolik, lalu diperlakukan tidak adil. Namun, umat yang lain langsung menanggapi, “justru kita jangan takut. Tetap berbuat baik, jangan golput.” Suasana hangat, saling mendukung, saling menyadarkan ini berjalan dengan baik dalam pertemuan-pertemuan ini. 


Suasana yang sama juga terjadi saat pembicaraan bersama orang-orang muda tentang ‘politik’. Kesan “negatif” ketika mendengar kata politik begitu terasa. Oleh karena itu, dalam rekoleksi, kami ngobrol banyak tentang arti kata politik itu sendiri. Setelah itu, baru saya menyampaikan tentang bagaimana menjadi pemilih pemula. Acara dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2018, setelah misa, sampai kurang lebih jam 22.00 wib, dihadiri teman-teman OMK dan KKMK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visi Paroki

Paroki Santo Lukas Pemalang adalah persekutuan umat Katolik yang beriman mendalam, hidup, mandiri, dan memasyarakat sebagai tanda hadirnya Kerajaan Allah.




Recent Post