Latest News

Jumat, 17 Agustus 2018

Misa Syukur Hari Raya Kemerdekaan RI ke-73


Perayaan Ekaristi Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diadakan hari Jumat, tepat tanggal 17 Agustus 2018, jam 18.00 wib. Umat menanggapi positif penentuan tanggal ini karena pada malam 17-nya, umat lalu bisa terlibat lebih total dalam acara “wungon”/tirakatan di lingkungan masyarakat sekitarnya. Perayaan Ekaristi dihadiri banyak umat dengan pakaian adat atau pakaian batik sebagai baju corak Indonesia. Tujuannya sederhana, supaya umat dapat melihat dan mengalami keragaman di Indonesia sebagai rahmat. Para petugas pembawa bendera nasional dan bendera vatikan juga mengenakan pakaian adat, begitu pula paduan suara PIR dan OMK. Perayaan Ekaristi menyertakan di dalamnya visualisasi lewat display lagu ‘Titi Kala Mangsa” nya Sudjiwo Tedjo sebagai permenungan pertobatan, pembacaan puisi tentang “kita Indonesia” (yang dibaca oleh tiga OMK: Tionghoa, Jawa, dan Batak), dan menyanyikan bersama lagu Kebyar-Kebyar. Perayaan Ekaristi berjalan kurang lebih satu setengah jam. Setelah homili, ada pelantikan pengurus Orang Muda Katolik yang baru, periode 2018-2020. 

Yang lebih menarik adalah ketika mencermati dinamika proses teman-teman muda ini menyiapkan misa, keberanian untuk bekerjasama dan. berdialog dengan seksi liturgi, dan penerimaan-afirmasi-dukungan umat secara umum pada dinamika berproses orang muda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visi Paroki

Paroki Santo Lukas Pemalang adalah persekutuan umat Katolik yang beriman mendalam, hidup, mandiri, dan memasyarakat sebagai tanda hadirnya Kerajaan Allah.




Recent Post