Latest News

Jumat, 22 Juni 2018

Rekoleksi HUT WKRI ke-94



Minggu (22/6) di Aula Paroki hadir sekitar 97 anggota WKRI gereja St. Lukas Pemalang. hari itu WKRI Cabang Pemalang mengadakan rekoleksi dengan mendatangkan nara sumber Romo Sheko. Tema yang diangkat dalam rekoleksi menyambut HUT WKRI ke-94 adalah “Menghormati keberagaman dan mengawal demokrasi Indonesia yang bermartabat.”

Wanita Katolik Republik Indonesia adalah organisasi masa yang berazaskan Pancasila dan UUD’45.

Dalam rekoleksi tersebut romo Sheko menjelaskan pentingnya 4 pilar kebangsaan dalam hidup bermasyarakat dan bernegara, 4 pilar kebangsaan tersebut adalah: Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika.

Pengertian 4 Pilar Kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tentram, dan sejahtera, serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

Bagi suatu negara terdapat sistem keyakinan (belief system) atau filosofi (philosophische grondslag) yang isinya berupa konsep, prinsip, serta nilai yang dianut oleh masyarakat suatu negara. Filosofi dan prinsip keyakinan yang dianut oleh suatu negara digunakan sebagai landasan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Suatu pilar kebangsaan harus kokoh dan kuat untuk menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar. Pilar kebangsaan Indonesia yang berupa belief system harus dapat menjamin terwujudnya ketertiban, keamanan, kenyamanan, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua warga negara.

Untuk menjaga 4 Pilar Kebangsaan dibutuhkan pendekatan khusus. Yaitu pendekatan Kultural, Pendekatan Edukatif, Hukum, dan Struktural.
a.    Pendekatan Kultural: dengan memperkenal-kan budaya dan kearifan lokal.
b.    Pendekatan Edukatif : memberikan pendidi-kan yang layak kepada generasi penerus.
c. Pendekatan Hukum: memberikan tindakan tegas terhadap segala tindakan yang melanggar hukum.
d.   Pendekatan Struktural: dapat dimulai dari RT,RW.

Di sela-sela acara rekoleksi dibagikan banyak door prize. Rekoleksi selesai jam 13.00. terima kasih atas kesetiaan Ibu-ibu WKRI Cabang Pemalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visi Paroki

Paroki Santo Lukas Pemalang adalah persekutuan umat Katolik yang beriman mendalam, hidup, mandiri, dan memasyarakat sebagai tanda hadirnya Kerajaan Allah.




Recent Post